Sotware Untuk Mengetahui Bad Sector Atau Bad Block Pada Harddisk

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 

Harddisk adalah merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dalam sebuah computer. Operating system, maupun data tersimpan dalam harddisk. Tetapi karena suatu hal, bisa saja harddisk tersebut menjadi rusak sehingga tidak bisa kita gunakan. Oleh karena itu sebaiknya kita tetap menjaga agar harddisk tidak menjadi rusak. Ada beberapa cara agar harddisk terhindar dari kerusakan, diantaranya adalah dengan membuat partisi-partisi pada harddisk tersebut. Namun demikian yang namanya suatu benda tetap ada batasan umur, walaupun sudah dijaga dan dirawat tetap akan bisa rusak karena usia.

Kerusakan yang terjadi pada harddisk ini bisa berupa bad sector atau bad block. Bad sector inipun ada tingkatannya ada yang permanen dan ada yang tidak. Untuk mengetahui bahwa harddisk tersebut terkena bad sector, kita kadang merasa kesulitan. Yang biasa dilakukan adalah dengan membuka perintah [check now] melalui properties pada drive atau partisi yang kita mau lakukan pengecekan bad sectornya. Caranya adalah :

Klik kanan pada partisi yang mau di check bad sectornya > kemudian pilih properties.
Muncul jendela properties, pada tab [tools] klik [check now].
Pada jendela yang muncul beri tanda centang pada [automatically fix file system errors] dan [Scan for and attempt recovery of bad sector] > klik start.

Selain menggunakan cara tersebut diatas, bisa juga dilakukan dengan menggunakan software untuk mengetahui bad block atau bad sector pada harddisk. Software tersebut adalah DTI surface scanner buatan dari http://www.dtidata.com/. Jika shobat tertarik bisa download atau mengunduhnya DISINI.

Setelah diinstall, maka jalankan program tersebut.
Pilih I agree pada disclaimer untuk melanjutkan program tersebut
Klik tombol Mount untuk menampilkan datar harddisk yang terpasang di computer.
Pilih atau klik harddisk tersebut kemudian klik tombol [scan] untuk memulai scanning bad block.
Jika terjadi bad sector atau bad block maka akan terlihat pada bad block list.

Sumber

Jika ada kesalah dalam penulisan kata yang kurang berkenan di hati anda saya mintak maaf.. karena saya masih penuh dengan kekurangan.. apabila ada kekurangan tolong sampaikan melalui komentar anda.. Tertanda :
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

0 komentar:

Posting Komentar

Segera Laporkan apabila kamu menemukan Broken link (link rusak) atau ingin request dan bertanya, dengan meninggalkan pesan di bawah ini