Beragam Ritual Unik Perayaan Kelulusan SMA di Indonesia

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 


Ada-ada aja deh tingkah siswa-siswi SMA di Indonesia dalam merayakan kelulusan mereka tanggal 26 Mei lalu :-D

Demi momen berharga ini, nggak jarang mereka melanggar aturan dan bikin heboh satu kota! Nah, kalo biasanya para pelajar merayakannya dengan hal-hal ‘standar’ macam corat-coret seragam atau kovoi sepeda motor, beberapa SMA di Indonesia sekarang melakukan kegiatan inspiratif yang unik untuk merayakan momen kelulusan ini!

Berikut ini beragam ‘ritual’ unik siswa SMA di Indonesia dalam mengekspresikan diri pada hari kelulusan:


1. Sumbang Seragam



Wah, sikap SMAN 7 Kediri ini patut ditiru banget, nih, sama SMA-SMA lain di Indonesia. Sejumlah siswa kelas 3 yang lulus beramai-ramai menyumbangkan seragamnya untuk adik kelas yang membutuhkan. Pihak sekolah dalam hal ini juga bekerja sama dengan penggemar club sepak bola Itali AC Milan (Milanisti Indonesia) di Kediri. Jadi, siswa kelas 3 yang menyumbang seragam bakal ngedapetin stiker AC Milan! B-) Kreatif nih, idenya.. (detik)


2. Konvoi Sepeda Onthel


Ratusan siswa kelas 3 dari SMAN 1 Situbondo memilih berkonvoi keliling Kota Situbondo untuk merayakan kelulusan mereka. Tapi konvoinya nggak berisik dan nggak bikin polusi udara karena pake sepeda onthel! >.< Ada macem-macem onthel yang digunakan, mulai dari jenis sepeda kuno, sepeda mini yang dimodifikasi, sepeda gunung, dan jenis sepeda onthel lainnya. Seru! Tapi teteeup..ada adegan ‘semprot-semprotan seragam’ sepanjang mereka konvoi. Ada yang bawa bendera Merah - Putih dan lambang sekolah juga. Untungnya sih nggak bikin macet..


3. Bagi-bagi Nasi Bungkus


Lain lagi dengan SMAN 3 Pamekasan. Demi menghindari acara konvoi, para pelajar di sekolah ini justru memanfaatkan momen kelulusan untuk menggelar aksi sosial dengan cara membagi-bagikan sejumlah nasi bungkus untuk tukang becak dan supir taksi di sekitar mereka.


4. Mandi Bunga?!


Biar siswa kelas 3-nya nggak ikut-ikutan corat-coret seragam kayak SMA lain, sejumlah siswa/i SMA di Jember mewajibkan para siswa kelas 3-nya mandi bunga dan sujud syukur bareng di halaman sekolah :-D Wew, ini acara kelulusan atau kawinan deh..hahaha


5. Berdoa di Makam Pahlawan

Oke, ternyata masih ada yang lebih unik (atau ekstrim?) lagi deng. Sejumlah siswa Madrasah Aliyah (MA) Ash-Shomadiyah di Tuban, merayakan kelulusan mereka dengan cara berdoa bersama di Makam Pahlawan Kelurahan Gedungombo! Kalo kata kepala sekolahnya sih, ini dilakukan demi menghormati para pahlawan. Hmm.. Religius banget (campur horor dikit). Patut ditiru juga, nih. Daripada bikin maksiat berjamaah di hari kelulusan, yee :-p


Yaa.. Berhubung ini sekali seumur hidup, kelulusan harus dirayakan secara kreatif, dong. Asal nggak merugikan masyarakat, kenapa nggak? :-D Gimana menurut kamu?

Source :
http://www.indokliq.com/entry.php?752-Beragam-Ritual-Unik-Perayaan-Kelulusan-SMA-di-Indonesia!

 Jika ada kesalah dalam penulisan kata yang kurang berkenan di hati anda saya mintak maaf.. karena saya masih penuh dengan kekurangan.. apabila ada kekurangan tolong sampaikan melalui komentar anda.. Tertanda :
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

3 komentar:

asnik ummu hana mengatakan... at 28 Mei 2012 pukul 17.34 Reply To This Comment

ijin share ya...

cheater's Indonesia mengatakan... at 28 Mei 2012 pukul 20.54 Reply To This Comment

ok..

buret mengatakan... at 22 April 2013 pukul 15.25 Reply To This Comment

lagi nyari artikel, disuruh om google kemari, izin copas ya sob, thanks

Posting Komentar

Segera Laporkan apabila kamu menemukan Broken link (link rusak) atau ingin request dan bertanya, dengan meninggalkan pesan di bawah ini