Cara Mengembalikan Data Yang Hilang, Terformat, ataupun Terhapus oleh Antivirus


Pernahkah anda mengalami file data, video, lagu, software dan data lainnya hilang dihardisk penyimpanan komputer pc maupun laptop anda? Proses hilangnya data ini bisa saja disebabkan oleh virus maupun karena terformat.
Jika suatu file kita klik delete, maka kita masih bisa mencarinya di recycle bin (kotak sampah). Namun kalau terformat? Ada suatu software yang bisa mengembalikan data tersebut. Nama softwarenya adalah Get Back Data. Cara Mengembalikan Data Yang Hilang, Terformat, Terhapus Antivirus Dengan GetDataBack
Pada tulisan ini, kita akan mencoba mengembalikan data dengan bantuan software GetDataBack dan memahami cara kerjanya. Bagi yang belum punya, silakan download langsung di runtime.org/data-recovery-software.htm.  Yang harus dipahami adalah bahwa file system di komputer ada 2 : NTFS dan FAT dan biasanya disetting saat install ulang windows, untuk melihatnya versi file system : explore my computer–>pilih partisi c–>properties. Pada bahasan kali ini kita akan membahas mengembalikan data yang hilang untuk file system NTFS (yang paling banyak dipakai)
  • Download GetDataBack
  • Install GetDataBack for NTFS di komputer/laptop anda
  • Jalankan software GetDataBack ini.
Cara Mengembalikan Data Hilang - Start
  • Pilih sebab atau alasan mengenai mengapa data anda bisa hilang, apakah karena FDISK, install ulang sistem operasi atau install baru sistem operasi, terformat atau terhapus. Jika seandainya anda tidak mengetahui pasti penyebab hilangnya data anda, anda dapat memilih opsi “I don’t know”. Setelah itu klik tombol Next.
  • Pilih partisi harddisk atau drive yang akan dikembalikan datanya. Anda dapat pula memilih semua partisi untuk dipindai apabila ada data yang terhapus. Setelah itu tekan tombol Next. GetDataBack akan memindai dan mencari data yang hilang dari partisi harddisk yang tadi anda pilih. Proses pemindaian ini tentu akan membutuhkan waktu yang lamanya tergantung pada seberapa dalam pencarian yang anda lakukan.
Cara Mengembalikan Data Hilang - Select Drive
  • Setelah proses pemindaian selesai, GetDataBack akan bertanya kepada anda mengenai file system yang nantinya akan ditampilkan pada apa yang disebut dengan “recovery tree”. Setelah itu anda tekan tombol Next maka GetDataBack akan mengekstrak data.
Cara Mengembalikan Data Hilang - File System
  • Selanjutnya akan muncul tampilan “Recovery Tree” yang berisikan berbagai data yang bisa dibaca oleh software GetDataBack.
Cara Mengembalikan Data Hilang - Recovery Tree
  • Proses akhir dari proses mengembalikan data oleh GetDataBack ini adalah restore data. Untuk melakukan restore data, klik kanan pada data yang akan di-restore lalu pilih Copy, pilih folder untuk menyimpan data hasil restore lalu tekan tombol OK.
  • Proses pengembalian data selesai.
Walaupun software tidak bisa mengembalikan data yang hilang secara sempurna, namun bisa mengembalikan data yang hilang dan mengembalikannya sebagian.


Jika ada kesalah dalam penulisan kata yang kurang berkenan di hati anda saya mintak maaf.. karena saya masih penuh dengan kekurangan.. apabila ada kekurangan tolong sampaikan melalui komentar anda.. Tertanda :
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

1 komentar:

Anonim mengatakan... at 7 November 2014 13.41 Reply To This Comment

help me please.... udah tak coba balikin film yang terhapus karena baidu fast pc tapi nggak bisa, pas klik kanan tekan copy katanya kudu beli lisensi nya... gimana nih? tolongin mas??? hufft

Poskan Komentar

Segera Laporkan apabila kamu menemukan Broken link (link rusak) atau ingin request dan bertanya, dengan meninggalkan pesan di bawah ini